Oleh: alislami | Mei 28, 2010

Nila Setitik Rusak Susu Sebelanga

Korupsi, pencurian, suap atau apapunlah namanya yang intinya memakan sesuatu yang bukan haknya alias haram pasti akan berdampak besar bagi pelakunya. Entah dampak itu ia rasakan di dunia maupun di akherat kelak.
Dampak didunia bagi yang melakukan orang kaya berbeda dengan apa yang dilakukan orang miskin. Banyak sekali contoh di negeri ini, pembaca pasti sudah tahu siapa-siapa mereka. Mulai dari yang suka balap sepeda, yang suka karoke di rutan bahkan yang suka mengatur sepak bola di negeri ini. Bandingkan dengan rakyat jelata yang hanya mencuri ayam, buah semangka, biji kakao.
Hidup didunia memang banyak sekali ujian dan cobaanya, orang miskin akan diuji dengan kekurangannya, ketika anak sakitlah, anak butuh biaya sekolah lah dsb. Sementara orang kaya akan diuji dengan hartanya, kemana akan dia belanjakan hartanya. Untuk bersenang-senangkah, ke cafe, diskotik, wanita, dan hura-hura.
Maka dari itu, hati-hatilah dengan apa yang diamanhkan kepada kita, jangan sampai nila setitik merusak susu sebelanga. Kejahatan kita yang kecil, hanya mengambil sesuatu barang yang nilainya tidak seberapa pada akhirnya menghancurkan diri dan kehidupan kita. Apalagi kita menanggung keluarga kita, orang tua kita, adik-adik kita. Begitu banyak orang yang akan terkena dampak perbuatan kita.
Sebagai contoh, ditempat saya bekerja telah terjadi pencurian yang dilakukan oleh salah satu pekerja harian dan berhasil ditangkap oleh pihak keamanan. Orang tersebut langsung diadili dan di pecat oleh perusahaan. Dia hanya orang kecil yang kehidupannya sangat bergantung kepada pendapatnnya dari perusahaan. Bagaimana nasib keluarganya, anak-anaknya yang masih sekolah, smentara untuk mencari pekerjaan baru dengan status tersebut akan sangat sulit baginya, apalagi keahlian yang dimiliki sangat terbatas sekali.
Sebagai pelajaran dan nasihat bagi kita, sebelum kita terlupakan dengan berbagai macam urusan keduniawian yang sampai melupakan akibat-akibat dari perbuatan yang kita lakukan maka berhati-hatilah kita. Jangan sampai Nila Setitik Merusak Susu Sebelanga…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: