Oleh: alislami | Mei 25, 2009

KAMMI Cermin Khowarij Indonesia

Panggung politik memang penuh dengan sandiwara para elit politiknya. Ketika simpatisannya sudah berharap banyak terhadap elit-elit politik pilihannya, akan tetapi para elit politiknya melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan harapan para simpatisannya, yang terjadi adalah protes, boikot bahkan anarkis. Seperti yang terjadi hari jum’at 15 mei 2009 di MetroTV kemaren, mahasiswa yang tergabung dalam organisasi pergerakan KAMMI melakukan tindakan protes terhadap keputusan SBY yang memilih Budiono sebagai calon wakil presidennya. Aksi protes dilakukan mahasiswa di Bandung tempat dilakukannya deklarasi SBY-Budiono dengan menghadang kedatangan SBY-Budiono. Aksi serupa juga dilakukan mahasiswa di Cirebon dan Surabaya. Aksi dikota lain dilakukan dengan menginjak foto Budiono yang notabene masih saudara kita, apalagi sesame muslim. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah kenapa tindakan-tindakan seperti itu dilakukan oleh seorang muslim, oleh sebuah pergerakan yang mengatasnamakan KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia)? Sebagai sesame muslim, layakkah perbuatan seperti itu dilakukan oleh mereka? Layakkah mereka menginjak-injak bahkan membakar foto saudaranya sendiri? Apakah perilaku mereka mencermikan jatidiri seorang muslim sejati? Atau malah menjadi citra buruk sebagai seorang muslim? Tak ada dalil pun yang bisa membenarkan perbuatab mereka, mereka tak jauh dari ajaran khowarij walaupun secara individu kita tidak boleh menuduh mereka seorang khowarij. Akan tetapi perbuatan-perbuatan yang kerap mereka lakukan mencerminkan jatidiri seorang khowarij yaitu dengan melakukan pembrontakan terhadap penguasanya. Cukuplah menjadi dalik kisah terbunuhnya kholifah Utsman bin Affan oleh para pembrontak yang tidak setuju dengan kepemimpinan kholifah Utsman. Apakah yang membunuh kholifah Utsman tersebut seorang muslim? Jawabnya “YA”, mereka sholat, mereka membaca Al Qur’an, mereka puasa, zakat bahkan dahi-dahi mereka terlihat hitam, yang menunjukkan bahwa mereka ahli ibadah. Terus kenapa mereka membunuh kholifah Utsman? Jawabnya adalah pemahaman keliru terhadap Al Quran dan As Sunnah. Untuk lebih jelasnya silakan merujuk pada kitab-kitab para ulama. Lantas, bagaimana dengan generasi muslim kita yang berada pada barisan KAMMI tersebut? Apakah seperti itu islam yang dibawa oleh Rosululloh SAW? Sibuk dengan urusan kekuasan? Cukuplah menjadi bukti ketika hati kita merasakan sakit karena pemimpin yang kita harapkan menjadi pemimpin kita akantetapi tidak jadi memimpin. Fanatisme dengan kelompok atau partai kita dan begitu bencinya dengan partai lain walaupun orang-orang yang ada disana juga seorang muslim. Apakah benci dan suka kita standarnya seperti ini? Ketika semangat tidak didasari ilmu agama yang kuat serta pemahaman yang benar maka yang timbul adalah kemudhorotan baik di dunia maupun di akherat. Menurut ku ada tiga kepanjangan untuk KAMMI yang cocok yaitu : KAMMI ( Kesatuan Aksi Mahasiswa Mejeng Indonesia) KAMMI ( Kesatuan Aksi Manusia-Manusia Ideot) KAMMI (Kesatuan Aksi Men Mlebu TV)

Responses

  1. Wah, tulisan Aris udah merambah ke ranah politik nih. Sip lah, telah lahir politisi baru dari ex. Tanjung 21 hehe…
    Bagus, bagus… tapi KAMMI menurut sy adalah Kesatuan Akhwat Modern Modis Islami, hehe…

  2. Halo boz…iya nih lama vakum, sibuk dengan kerjaan..
    Doain bisa eksis lagi nih..

  3. Btw, blog stat-nya bentar lagi kesusul sama saya nih ris…

  4. membaca tulisan alislami di atas…. saya dapat mengambil kesimpulan bahwa saudara alislami tidak menyukai gerakan KAMMI. saya kurang tau, kenapa banyak sekali orang yang tidak senang dengan kehadiran KAMMI ini, termasuk saudara alislami. apakah Anda merasa telah dirugikan?…

  5. Karena KAMMI banyak menipu generasi muda, menanamkan semangat yang besar akantetapi tanpa di dasari dengan ilmu dan pemahaman yang benar…

  6. Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

    Semoga semua koreksi teman-teman tentang KAMMI dilakukan untuk yang terbaik bagi generasi umat dan bangsa ini.
    Demi kebaikan dan elegan, kalau mau diskusi tentang KAMMI, tolong hubungi saya: 085 320 230 299.
    Saya tinggal di Jl. Ahmad Yani No. 873 Kota Bandung Jawa Barat. Ini adalah markaz intelektual KAMMI. Saya sering berdiskusi dengan berbagai manusia dengan beragam latarbelakang di tempat ini. Dan semuanya membawa ilmu dan pengalaman. Karena hidup ini akan sempurna jika ada orang lain yang memberi kita pemahaman dan keutuhan ilmu. Saya banyak belajar dari banyak ulama dan ilmuwan. tentang banyak hal terutama ilmu. Saya masih berdiskusi dengan Dr. Adian Husaini, DR. Brian, DR. Hamid Fahmy dll. Anda mau ikutan?

    Sahabat-sahabat sekalian, Saya kaderisasi KAMMI Periode 200802010. Saya bertanggungjawab dalam pengkaderan KAMMI.
    Karena itu siapapun Anda, silahkan hubungi saya.
    Karena saya sudah mendapatkan materi diskusi yang sama dari bernagai Ormas dan Harokah. Dan ujung-ujungnya KAMMI kurang ilmu katanya dstnya. Walau kadang jika diajak bergulat dengan berbagai refrensi, pas saya bertanya tentang suatu hal dan sumbernya banyak yang terkadang bingung tak mampu menjawb.
    Jujur, memang KAMMI tidak melebihi kecerdasan para sahabat dan para imam atau tokoh-tokoh besar. Karena itu KAMMI belajar, termasuk kpd teman-teman semua.
    Selanjutnya, saya ingin bertanya tentang banyak hal. sekaligus ingin bertanya: berapa juz anda menghafal al-qur’an dan al-hadits? Apakah anda pernah menuntaskan kitab-kitab mu’tabaroh dan kitab-kitab hadits, ulumul haduts, tafsir dan lum tafisr? Anda menguasai berapa bahasa? Jujur, saya tidak memiliki ilmu yang cukup, terutama dalam mendalami beberapa sumber ilmu di atas kecuali dari KAMMI. Dan saya benar-benar memperoleh itu dari KAMMI.

    Lebih lanjut, dari mana pun anda berasal, di mana dan apapun organisasi anda, saya dan anda semua adalah generasi masa depan bangsa ini. Hayo, mari memaksimalkan diri untuk meningkatkan kompetensi diri. Oke.

    Salam perjuangan, dan semoga anda sukes.

    Wassalam

    Syamsudin Kadir

    Cp. 085 320 230 299

    Catatan: kalau anda sangat ingin membangun tradisi diskusi yang elegan, silahkan cantumkan No. cp anda, biar saya bisa diksusi dan janjian sama anda. oke.

  7. Apapun kepanjangan KAMMI yang anda berikan, bagi saya KAMMI adalah singkatan dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia. Saya punya banyak teman di HMI, GMKI, PMII, IMM, HIMA PUI, HIMA Persis dll bahkan BEM dan Salafi dan Jama’ah tabkig, tapi mereka sangat elegan dalam memberikan kritik terhadap KAMMI. Sntun dan menyentuh substansi ilmu dan esensi diskusi.
    Semoga saya dan kita semua bisa membangun tradisi diskusi dan opini publik dengan cara-cara yang bijak. Setiap kata yang kita ungkapkan akan dimintai pertanggungjawbannya kelak.
    Semoga apapun yang saya sampaikan ini bermanfaat bagi seluruh rakyat dan umat yang ingin mengenal KAMMI.

    Terlalu jauh anda memetakan KAMMI sebagai khawarij, syi’ah atau apalah namanya. Jujur, siapapun anda, apapun gelar anda..saya menunggu bahkan kader-kader KAMMI siap 24 jam menunggu silaturahim dan diskusi dari anda semua di sekre KAMMI, terutama markaz kajian KAMMI. Oke..
    Pesan saya,
    “Jangan berhenti tangan mendayung, nanti arus membawa hanyut..!”

    Hayo mari membagun tardisi diskusi yang elegan, sepert para ulama di masa lalu.

  8. Saya dulu di Pesantren 9 tahun, terus di UIN Bandung. Saya masih sering ikut pengajian di Muhamdiyah, Dewan Hisbah Persis dan Pesantren NU di Kota Bandung. Ini adalah sarana terbaik bagi kita semua untuk menambah ilmu dan pemahaman. Hayo, mari meningkatkan kapasitas diri.
    Alamat saya di Jl. Ahmad Yani No 873 Kota Bandung Jawa Barat (Dekat Polsek Cibeunying Kidul)

  9. Maaf baru sempet balas, karena kesibukan pekerjaan, tapi akan saya balas satu persatu…Saya cuman menyarankan, berjuanglah sebagaimana caranya Rosululloh SAW dan para sahabtnya berjuang, tetap memegang kaidah2 agama yang syar’i..hindari campur baur laki-laki dan perempuan yang bukan mahromnya, dan hindari pula semangat-semangat yang tidak pada tempatnya. Exsample : Aksi dengan mencaci maki manusia (pejabat), menginjak foto-foto manusia, membakar2…Soal menambah ilmu adalah sesuatu yang wajib bagi setiap muslim. Tapi ambillah ilmu dari ahlinya, dari para ulama yang memiliki kelurusan hati, keikhlasan dan pemahaman dalam agama ini. Pelajari kembali kitab-kitab para Ulama ahlus sunnah yang paham akan Al Qur’an dan As Sunnah secara benar. Apakah kamu akan samakan pemahaman seorang kiyai yang merokok, memuja kubur, dengan Ulama yang berjuang memberantas kesyirikan?? Apakah kamu akan samakan seorang juru dakwah yang baru hapal beberapa juz Al Qur’an dan Hadist dengan seorang Ulama Khibar yang mana mulutnya selalu mengalir lantunan ayat-ayat Al Qur’an, hatinya selalu dekat dan menetskan air mata karena Alloh Ta’ala. Ambillah Ilmu bukan dari orang yang hanya banyak bacaanya, buku-bukunya..Tapi yang lebih utama lagi ambillah ilmu dari orang yang mempunyai pemahaman yang benar!

  10. Apalagi yang harus didiskusikan, kalo untuk berdebat bukan kapasitas saya untuk berdebat..Saya juga sampai bingung memikirkan kata kata apa yang pantas yang harus saya berikan kepada KAMMI??Sikap KAMMI di berbagai daerah tidak jauh bedanya dengan pergerakan2 yang lain sperti HMI, PNI dsb…berorasi, menghujat pemerintah. Bahkan mungkin yang dihujat bapaknya sendiri yang kerja di Pemerintah. Saya lebih setuju KAMMI di ganti KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) tidak perlu membawa-bawa muslim segala!

  11. Wa’alaykumsallam Warrohmatullohi Wabarokatuhu
    Saudaraku, saya dulu juga kader KAMMI 2003, saya ikut Dauroh Marhallah di Semarang
    Ketika itu saya masih awam akan islam dan pergerakan sehingga saya ikut-ikut saja. Akan tetapi fitrah saya mengatakan banyak kejanggalan dalam organisasi ini. Kita dilatih AKSI dimana kaum adam di pinggir melindungi kaum hawa, bahkan kita saling berinteraksi, mudah sekali untuk melihat sang akhwat. Yang lebih PARAH lagi pembicara yang notabene sang Ustadz dengan begitu mudahnya melihat para akhwat dari depan. Di setiap ta’lim2 yang diadakan KAMMI juga dengan begitu bebasnya sang Ustadz melihat para akhwat. Apakah tidak ingat bagaimana para shohabiyah di jaman Rosululloh SAW…..inga”’inga”’kaya iklan aja nih.

  12. Yg paling benar Salafy ya Ris? Hehe…

  13. Ha ha ha bang dira nih bisa aja, tulisannya keren di warta pertamina, tunggu tulisan saya muncul disana yah…

  14. Makan sana….

  15. Sepakat denganmu….

  16. Berdoalah selalu agar Alloh Ta’ala memberikan kepada kita pemahaman agama yang lurus…….

  17. Jazakumulloh khiron katsiron

  18. orang yang sama sama ngaku saly aja banyak yang ribut, puyeng, yang bikin orang lain puyeng ntar ikut puyeng lho… saya bilang ikut puyeng ya bukan dosa coz untuk bisa memvonis orang lain salah bukan kemampuan saya…..


Tinggalkan Balasan

Kategori

