Oleh: alislami | Desember 27, 2008

Sholat Diatas Satu Kaki

Sholat fardhu bagi laki-laki adalah wajib di masjid kecuali jika ada udzur syar’I, begitu penjelasan yang pernah aku terima dari seorang ustadz. Maka kuselalu berusaha untuk menjaganya dimanapun dan kapanpun. Termasuk ditempat baruku sekarang.

Kebetulan baru beberapa minggu aku pindah kepulau sumatera, ditempat baruku ini kebetulan aku menempati rumah yang letaknya cukup jauh dari masjid. Sementara kendaraan tidak ada, jadi satu-satunya cara untuk berangkat kemasjid adalah dengan berjalan kaki. Alhamdulillah sih kadang ada yang nganter pulang kalau lagi bernasib baik. Akan tetapi berangkat ke masjid dengan berjalan kaki insya Alloh pahalanya akan lebih besar menurutku.

Karena jaraknya yang cukup jauh dan tempatnya cukup sepi ( melewati rumah-rumah tua yang kosong )maka kadang aku males tuk perg ke masjid, belum lagi kebanyakan temen-temenku milih sholat di rumah dari pada di masjid. Alhamdulillah sih Alloh Ta’ala masih sayang kepadaku, masih memberikan seorang temen yang selalu menemaniku ke masjid, bahkan mengajakku kalau aku lagi males. Tapi kalau lagi males dua-duanya berabe juga sih, namanya juga manusia….

Suatu sore, ketika sholat maghrib, kuperhatikan jama’ah yang sholat disampingku….ternyata dia sholat dengan berdiri diatas satu kakinya. Sementara satu kakinya kayaknya pernah mengalami kecelakaan hingga putus. Sehingga berjalan dia dibantu dengan sauatu tongkat untuk membantunya menyanggah separuh tubuhnya.

Subhanalloh….ternyata Alloh Ta’ala masih sayang kepadaku, hingga masih mau memperingatkanku ketika ku mulai jauh dari-Nya dan dari Rumah-Nya. Saudara kita yang hanya diberikan satu kaki saja masih sempat untuk datang kerumah-Nya sementara kita yang masih punya dua kaki lengkap kadang-kadang malas-malasan datang ke masjid.

Padahal ancaman bagi orang-orang yang lalai dari sholat fardhu jama’ah di masjid sangat keras dari Alloh Ta’ala dan Rosululloh SAW. Pada jaman Rosululloh SAW saja seorang sahabat yang cacat matanya(tidak bisa melihat) masih diwajibkan datang kemasjid ketika adzan sholat fardhu dikumandangkan. Apalagi kita yang masih memiliki kedua mata kita untuk menuntun kedua kaki kita melangkah menuju rumah Alloh Ta’ala.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: